Selasa, 19 Juni 2012

Membuat Icon Dengan Bantuan GIMP

Ini nih salah satu unggulan dari GIMP (GNU Image Manipulation Program) yaitu gak perlu repot repot untuk membuat ekstensi sebuah file (lebih unggul dari Photoshop) terutama membuat sebuah file icon yang amat sangat gw butuhin tuh icon, karena gw merupakan salah satu pengguna Visual Basic 6.0 yang menjadikan icon sebagai hasil akhir dari sebuah program/aplikasi yang gw buat, dan yang terpenting GIMP ini bisa di donlot gratis jadi gk perlu nyari nyari aplikasi pembuat icon lagi.

Oke kita mulai aja.

Pertama, buka file gambar (gw saranin maksimal dengan ukuran 250 x 250 pixel aja) yang akan dijadikan icon. Disini gw Open file gambar kamera 



Kedua, save as file tersebut dan ubah File Type Extension-nya menjadi Microsoft Windows icon (*.ico) 


 


Ketiga, pada save as nama file diganti ekstensinya menjadi .ico (contoh, semula nama filenya camera.jpg ketika diganti menjadi camera.ico) 



Keempat, setelah muncul form Save as Windows Icon, pilih pixel-nya menjadi 4bpp, 1-bit alpha, 16 slot pallete dan hapus pilihan Compressed (PNG), lalu save. 



Nah, kalo sudah jadi ya tinggal diterapin di program/aplikasi buatan kita, kalo gw sih taunya cuma Visual Basic 6.0 aja yang berjalan di Sistem Operasi Microsoft Windows. Dibawah ini adalah hasilnya dari file gambar kamera yang gw ubah menjadi icon dan gw jadikan icon aplikasi di VB 6.0